AKU DAN OXFORD UTOMO

Oktober 01, 2010

Bakat Dan Minat Belajar

belajar ataupun bekerja pada bidang-bidang yang diminati terlebih lagi didukung dengan bakat dan talenta yang sesuai, akan memberi semangat dalam mempelajari dan menjalaninya. tapi sering kali remaja memilih suatu jurusan atau bidang studi karena terbawa dan ikut teman-temannya, atau memilih bidang yang sedang popular, tanpa sempat mencerna terlebih dahulu dan memahami bidang yang akan dipelajari, menjadi apa setelah selesai sekolah ataupun lebih jauh lagi mengenali bidang pekerjaan seperti apa yang akan digelutinya sesuai dengan latar belakang pendidikannya tersebut.

Mengembangkan bakat dan minat bertujuan agar seseorang belajar atau dikemudian hari bisa bekerja di bidang yang diminatinya dan sesuai dengan kemampuan serta bakat dan minat yang dimilikinya sehingga mereka bisa mengembangkan kapasitas untuk belajar serta bekerja secara optimal dengan penuh antusias.

Pengertian Bakat

bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus. sehubung dengan cara berfungsinya, ada 2 jenis bakat, yaitu :

1. Kemampuan pada bidang khusus. misalnya bakat musik , melukis , dll.

2.Bakat khusus yang dibutuhkan sebagai perantara untuk merealisirkemampuan khusus , misalkan bakat melihat ruang (dimensi) dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan di bidang taknik arsitek.

bakat bukanlah merupakan sifat tunggal , melainkan merupakan sekelompok yang secara bertingkat membentuk bakat. bakat baru muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. sehingga mungkin saja seseorang tidak mengetahui dan mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang latent.

0 komentar:

aldi ferdiansyah © 2008 Template by:
SkinCorner